Pembahasan PKPU tentang Pemilu Kada

Hiruk pikuk pembahasan revisi undang-undang pemilihan Kepala Daerah telah selesai, aturan penyelenggaraan secara teknis yang diatur dalam peraturan kpu (pkpu) tengah digodok oleh kpu ri bersama dengan komisi II DPR RI, harapan dapat diselesaikan selambat-lambatnya akhir april 2015, karena bulan Juni 2015 tahapan pilkada akan segera dimulai. Sedangakn penyelenggaraan Pilkada direncanakan Bulan Desember 2015

Pemilihan diselenggarakan melalui dua tahapan yaitu tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan. Tahapan persiapan antara lain meliputi perencanaan program dan anggaran, penyusunan peraturan penyelenggaraan, pembentukan penyelenggara adhoc, pendaftaran pemantau, penyerahan data penduduk potensial pemilih serta pemuktahiran data pemilih.

Sedangkan tahapan penyelenggaraan meliputi pengumuman dan pendaftaran pasangan calon, penelitian dan penetapan pasangan calon, pelaksanaan kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, penetapan calon terpilih, penyelesaian sengketa hasil pemilihan hingga pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilihimage.

Undang-undang tersebut juga secara tegas mengatur mengenai calon yang berasal dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mengundurkan diri sejak mendaftarkan diri sebagai calon walikota Kota metro.

Selain itu calon walikota yang ingin maju dalam Pemilihan Kepala Daerah tidak memiliki konflik kepentingan dengan petahana. Dalam hal ini adalah bahwa calon yang akan bertarung tidak memiliki hubungan darah, ikatan perkawinan dan atau garis keturunan satu tingkat lurus ke atas, ke bawah, dan ke samping dengan petahana. Misalkan Ayah, Ibu, mertua, paman, bibi, kakak, adik, ipar, anak dan menantu. Jika memiliki hubungan tersebut, maka calon yang akan mendaftarkan diri secara persyaratan tidak memenuhi sebagai calon walikota kecuali calon tersebut telah melewati jeda satu kali masa jabatan. (NHY)

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

by WordPress | Designed by: Premium WordPress Themes | Thanks to Themes Gallery, Bromoney and Wordpress Themes