SOSIALISASI Perppu Pilkada yang telah disahkan menjadi Undang-Undang, tahapan dan jadwal pelaksanaan pilkada serta draft Peraturan KPU tentang pencalonan.

Image-1KPU kota metro pada hari selasa tanggal 27 januari 2015 mengadakan kegiatan sosialisasi Perppu Pilkada yang telah disahkan menjadi Undang-Undang, tahapan dan jadwal pelaksanaan pilkada serta draft Peraturan KPU tentang pencalonan.
Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Metro, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro, Badan Kesbang dan Politik Kota Metro, serta perwakilan partai-partai politik yang ada di Kota Metro.
Dalam paparannya, Komisioner Nova Hadiyanto menjelaskan bahwa mengenai proses pendaftaran Bakal Calon yang diajukan oleh partai Politik/gabungan Partai politik yang memiliki kursi di DPRD setempat harus didukung 20% jumlah kursi yang ada di DPRD Kota Metro atau didukung oleh 25% jumlah suara sah partai dalam pemilu legislatif tahun 2014.

IMG_0027
Selain itu dijelaskan pula mengenai pelaksanaan Uji Publik yang dilaksanakan 3 (tiga) bulan sebelum pendaftaran calon serta alur pencalonan untuk Calon Walikota.
Saat ini Undang-Undang Pilkada tengah dilakukan revisi oleh Komisi II DPR RI dan rencananya revisi tersebut selesai tanggal 18 Februari 2014. Diperkirakan akan ada beberapa perubahan dalam Undang-Undang tersebut. Namun KPU Kota Metro sampai dengan saat ini masih mengacu pada Undang-Undang Pilkada yang telah disahkan sampai dengan revisi Undang-Undang tersebut selesai dibahas oleh DPR RI.
Kegiatan ini diharapkan para pemangku kepentingan dapat memahami dan mempersiapkan secara lebih maksimal proses-proses yang terkait dengan proses pelaksanaan Pilkada sehingga Pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung lancar, aman dan berintegritas. (Nhy).

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

by WordPress | Designed by: Premium WordPress Themes | Thanks to Themes Gallery, Bromoney and Wordpress Themes